Perhatikan 5 Hal Apabila Ingin Membuat Kolam Renang di Rumah

Olahraga renang merupakan salah satu olahraga yang paling banyak disukai oleh sebagian orang. Menurut para ahli olahraga renang merupakan olahraga paling sehat bagi tubuh. Tak sedikit orang yang mengalami sakit tulang, sendi atau otot disarankan untuk berenang. Memang, aktivitas ini sungguh sangat menyenangkan. Walaupun Anda tidak bisa berenang, Anda bisa bermain-main air di pinggir kolam. Pada dasarnya air memang dipercaya dapat menenangkan jiwa. Pas sekali untuk Anda yang ingin menenangkan jiwa dan pikiran.

Lengkap rasanya jika rumah memiliki kolam renang. Anda tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati olahraga berenang di kolam renang umum. Dengan adanya kolam renang di rumah dapat membuat para penghuninya nyaman dan betah di rumah. Walaupun kecil, kolam renang mampu membuat kebahagian tersendiri bagi penghuninya. Namun, sebelum itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat kolam renang di rumah. Sebaiknya gunakan jasa kontraktor kolam renang yang terpercaya agar Anda terhindar dari berbagai macam masalah yang tidak diinginkan. 

1. Ukuran kolam renang
Ukuran kolam renang merupakan hal yang penting perlu dipertimbangkan ketika ingin membuat kolam renang di rumah. Tidak masalah jika Anda memiliki luas lahan yang besar. Anda bisa sesuka hati mengatur berapa pun ukuran kolam renang sesuai dengan luas lahan Anda. Idealnya ukuran kolam renang berukuran 2x6m2. Tidak ada salahnya jika Anda ingin membuat kolam renang dalam ukuran yang kecil. Namun sangat disayangkan mengingat kolam renang kecil berarti Anda tidak bisa melakukan aktivitas renang dengan leluasa. 

2. Air
Tentu saja kolam renang pasti membutuhkan air. Sia-sia membuat kolam renang tapi tidak ada isinya. Air untuk kolam renang sumbernya bisa berasal dari berbagai macam. Bisa dari air tanah, air PAM, bahkan juga bisa menggunakan air gunung yang dapat diperoleh dengan cara khusus. Bahkan, sebenarnya air kolam renang tidak perlu diganti secara berkala. Hanya satu kali isi saja sudah cukup. Hal yang paling penting adalah air tersebut harus selalu dijaga kebersihannya, dikontrol kadar klorin dan kadar pH-nya.

3. Listrik
Tak hanya air, kolam renang juga membutuhkan listrik yang digunakan untuk menjalankan pompa yang memutar air agar bisa selalu bersih di dalam kolam. Daya yang dibutuhkan oleh alat tersebut minimal sekitar 500 watt. Listrik untuk pompa saja tidak cukup, kolam renang juga perlu penerangan di malam hari agar lebih terang. Kurang lebih, untuk menyalakan tiga buah lampu yang bisa menyala di dalam air, dayanya sekitar 100 watt. Sehingga, untuk keperluan di kolam renang, Anda harus menyediakan daya minimal 800 watt.

4. Teras atau pool desk
Area sekitar kolam renang sama pentingnya dengan struktur fisik kolam renang itu sendiri. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah teras atau pool deck. Ada banyak ide bagi Anda dalam membuat pool deck. Beberapa diantaranya seperti dek kayu, lantai dengan batuan alam, stepping stone yang disusun artistik atau bahkan teras yang menyatu langsung dengan bangunan rumah. Ada dua hal penting terkait pool deck ini. Pertama, teras yang dibuat haruslah anti selip dan tidak licin demi menjaga keselamatan dan kenyamanan Anda dan keluarga. Kedua, kebersihan dari pool deck. Anda dapat menggunakan mesin power washer agar pool deck selalu terlihat bersih dan mengkilap. Karena kebersihan teras kolam renang juga mempengaruhi kenyamanan keluarga Anda.

5. Biaya pembuatan dan perawatan
Biaya pembuatan dan perawatan kolam renang merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan ketika ingin menciptakan kolam renang idaman di rumah. Seperti yang diketahui, membuat dan merawat kolam renang tidaklah murah. Butuh biaya atau dana yang besar untuk mewujudkan kolam renang impian Anda. Solusinya, tentu Anda bisa menyewa jasa kontraktor kolam renang untuk konsultasi seputar itu. Selain mendapat tips desain yang tepat, Anda juga akan mendapat rincian biaya yang akan Anda gunakan untuk pembuatan kolam renang. Selain biaya yang harus Anda sediakan untuk pembuatan, Anda juga harus menyiapkan biaya untuk perawatan kolam renang. Untuk itulah, Anda perlu menyiapkan biaya operasional dan perawatan pada kolam renang, agar kolam renang Anda dapat terjaga kebersihannya.

0 komentar