Mengenal Komponen Elektronik Paling Dasar Beserta Fungsi Masing-masing

Jika ingin mempelajari mengenai elektronika tentu saja harus mengetahui secara detail terlebih dahulu tentang komponen elektronik yang paling dasar beserta fungsinya. Seiring perkembangan jaman seperti sekarang ini ternyata komponen tersebut semakin berkembang. Hal itu terbukti dengan makin banyaknya dan bervariasi komponen dalam sebuah elektronika. Makanya untuk lebih mudah dan cepat mengenal semua komponen lain dalam elektronik ada baiknya harus mempelajari dasarnya terlebih dahulu. Karena semua rangkaian dalam sebuah elektronika tentunya terdiri dari desain komponen yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Untuk fungsinya sendiri berbeda-beda tergantung dari masing-masing komponen yang digunakan. Pada komponen dasar tentu mempunyai peranan yang sangat penting dan mendukung sebuah keberhasilan suatu proyek dalam elektronika. Jadi tanpa adanya komponen dasar tersebut tentunya rangkaian yang Anda inginkan tidak bisa terealisasi dengan mudah. Berikut ini beberapa dasaran dari macam komponen yang wajib Anda ketahui sebelumnya, antara lain:

1. Resistor.Yang pertama kali perlu Anda ketahui yaitu komponen penting yang sering disebut dengan resistor. Dari namanya saja sudah mempunyai artian sebagai tahanan atau bisa juga diartikan sebagai hambatan. Jadi fungsi dari pada bagian ini adalah untuk membuat hambatan suatu arus yang sering disebut dengan resistansi. Lazimnya besaran yang digunakan untuk menyatakan suatu resistansi adalah dalam satuan Ohm. Dan Anda bisa melihat besaran dari suatu resistansi pada resistor yang terlihat dari gelang-gelang warna yang terdapat pada bagian badan resistor.

2. Kapasitor.Kemudian komponen dasar yang wajib Anda ketahui sebelumnya adalah kapasitor. Pada bagian ini juga sering disebut dengan kondensator yang mempunyai fungsi sebagai komponen yang bisa menyimpan dan juga melepaskan muatan pada sebuah arus listrik. Untuk menunjukkan kemampuan dari kondensator dalam menyimpan sebuah muatan listrik sendiri sering ditunjukkan dalam satuan farad. Untuk nama satuan sendiri diambil dari penemu kondensator sendiri.

3. Induktor.Disini komponen yang berperan sebagai induktor berarti mempunyai fungsi sebagai penyimpanan energi dalam sebuah medan magnet akibat dari tegangan listrik yang melalui komponen elektronik tersebut. Untuk sifat dari elektrik dalam sebuah induktor sendiri ditentukan dari panjangnya sebuah induktor, diameternya, jumlah lilitan dan juga berbagai bahan yang mengelilinginya.

4. Dioda.Sebagai penghantar arus listrik dari satu arah dan juga menjadi penghambat arus listrik dari arah sebaliknya dioda mempunyai peranan penting. Selain itu juga komponen dioda mempunyai peranan sebagai pengontrol arus yaitu saklar. Dalam komponen ini terdiri dari dua yaitu anoda dan juga katoda.

5. Transitor.Dan komponen dasar selanjutnya yang wajib Anda ketahui adalah adanya transitor yang mempunyai peranan sangat penting dalam dunia elektronika, apalagi pada jaman modern seperti sekarang ini. Transitor sendiri terdiri dari 3 yaitu adanya basis, colektor dan juga emitor, dan semuanya mempunyai peranan penting. Untuk fungsi dari transitor sendiri yaitu sebagai penguat arus, untuk menstabilkan tegangan listrik, modulasi sinyal dan juga penyearah ataupun lainnya.

Masyarakat tidak bisa memungkiri bahwa adanya peran penting elektronika dalam kehidupan sehari-hari, apalagi dijaman yang serba modern seperti sekarang ini. Bisa dilihat dari awal penemuan elektronika sampai dengan sekarang banyak sekali perubahan baik dalam kegiatan komunikasi, belajar ataupun kegiatan penting lainnya. Jadi memang sangat berpengaruh untuk memudahkan dalam segala kegiatan keseharian masyarakat. Makanya penting sekali mempelajari dasaran dari komponen elektronik beserta fungsinya sebelum masuk pada pengetahuan yang lebih jauh.

0 komentar